News & Events

Ada inovasi yang cukup menarik bagi sebuah mobil yang datang dari seorang mantan karyawan Toyota di Jepang. Seseorang yang dikabarkan bernama Hideo Tsurumaki ini bisa membuat sebuah mobil dapat mengapung dan berjalan di atas air. Mobil ini dibuat dari pengalaman Hideo Tsurumaki saat melihat tsunami yang melanda pantai timur laut Jepang pada tanggal 11 Maret 2011 silam. Dirinya saat itu sedang mengandarai mobil dan mencoba melarikan diri dari tsunami tersebut.

Saat tsunami sedang menenggelamkan mobil-mobil yang terparkir dijalanan, Tsurumaki juga melihat beberapa orang yang sedang menyelamatkan dirinya dengan mengendarai mobil. Tetapi usaha tersebut tidak berhasil karena air laut yang sangat kotor menutupi penglihatan mobil tersebut. Melihat kejadian tersebut, Tsurumaki kemudian mendirikan sebuah perusahaan yang diberi nama Fomm Corp yang mempunyai tujuan utama untuk bisa membuat mobil kecil kedap air dan bisa mengapung di atas air.

Seperti dilansir dari halaman Autopro, Tsurumaki mengatakan bahwa ia mempunyai keinginan untuk bisa menempatkan seseorang di zona yang aman jika tsunami datang. Dirinya juga yakin bahwa banyak orang yang mempunyai keinginan yang sama seperti dirinya, tetapi belum bisa terwujud.

Tsurumaki memang diketahui tinggal disebuah rumah yang sangat dekat pantai daerah rawan gempa bumi saat itu. Dirinya berpikir bahwa jika ia bisa membuat sebuah mobil dapat mengapung di atas air, dirinya akan bisa membantu mengevakuasi korban yang terkena tsunami.

Dua tahun setelah kejadian itu, dirinya yang juga merupakan mantan karyawan Toyota tersebut mulai memproduksi sebuah mobil listrik yang bisa mengapung di atas air. Kemudian ia mendesain mobil listrik tersebut dengan kapasitas empat orang penumpang dengan dua baris tempat duduk. Dirinya juga memberi nama konsep mobil buatannya satu ini dengan nama Concept One.

Dirinya juga menegaskan bahwa mobil buatannya ini bukan merupakan kendaraan amfibi yang memiliki kemampuan mengapung dan juga bisa bergerak di air yang bergolak. Dirinya mengatakan bahwa dengan mobil ini, minimal kita bisa mempunyai waktu untuk hidup dan bergerak untuk mencoba menyelamatkan diri dari bencana tersebut.

Concept One juga merupakan City Car dengan kecepatan maksimum hingga 160 km/jam dengan baterai yang penuh. Untuk mode hemat baterai, Mobil ini hanya bisa berlari dengan kecepatan maksimal 80 km/jam. Ketahanan baterai diklaim bisa mencapai dua kali lipat jika digunakan didalam kota.

Tsurumaki berharap bisa memproduksi 10.000 unit mobil sampai dengan akhir tahun ini. Jika minat dan respons masyarakat juga baik, dirinya berharap di akhir tahun ini perusahaannya bisa go-public. Sebelumnya, mantan karyawan Toyota Jepang tersebut juga pernah ditawari bekerja oleh perusahaan otomotif besar lainnya seperti Lamborghini untuk membantu desain mobil listrik mereka, tetapi dirinya menolak.

Tsurumaki menghabiskan waktu tiga tahun dengan periset lainnya di Universitas Tokyo untuk bisa membuat mobil satu ini, sebelum akhirnya dirinya memutuskan untuk menggunakan roda turbin dan depan untuk bisa menciptakan tenaga dorong saat mobil ini berada diatas air.

Percayakan penampilan kendaraan kesayangan anda pada Scuto Bekasi.

Leave a Reply