News & Events

Kamu mungkin menggunakan sebagian besar tabunganmu untuk membeli rumah. Setelah rumah tinggal, pengeluaran terbesar berikutnya adalah mobil. Mengingat jumlah uang yang sudah kamu keluarkan untuk membeli mobil tidaklah sedikit, sangatlah tidak masuk akal jika kamu membiarkannya tidak terawat. Merawat mobil dengan benar bukan saja menjaga kinerja mobil tetap optimal dan efisien, tapi juga membuat nilai jual kembalinya lebih tinggi jika dibandingkan dengan mobil yang tidak terawat. Berikut ini adalah 7 cara merawat mobil yang bisa kamu lakukan:

ganti-oli-mobil

1. Jangan telat mengganti oli. Pilihlah oli yang sudah teruji dan sudah terkenal di pasaran. Selain itu, gunakan oli yang memiliki jangka waktu pakai lebih lama. Meski oli sintetis juga terbuat dari oli biasa, namun molekul yang terkandung di dalamnya akan membuat kerja mesin lebih halus sehingga jeroan mesin bisa lebih awet.

bodi-mobil-penyok

2. Perbaiki bagian eksterior yang penyok dan berkarat sebelum melebar dan tambah parah. Pilihlah bengkel body repair yang sudah berpengalaman untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Jika cat original yang digunakan tidak pasaran, serahkan pengerjaannya pada dealer resmi.

poles-mobil

3. Poles mobil secara berkala. Lakukan minimal setahun sekali. Semakin sering kamu lakukan, sudah tentu semakin baik untuk mobil kamu. Lagipula, dengan memoles mobil secara berkala, kamu jadi lebih tahu bagian bodi mobil yang perlu perhatian khusus. Untuk pengerjaan yang lebih baik, kamu bisa membawa kendaraanmu ke salon mobil yang sudah berpengalaman , hint: scuto 😉

bengkel-mobil

4. Kunjungi bengkel mobil terpercaya untuk perawatan rutin dan tune up. Langkah ini penting untuk menjaga komponen-komponen penting seperti roda, timing belt, selang-selang, minya rem, air radiator, busi, oli mesin, dsb, tetap bekerja secara optimal.

suku-cadang-mobil

5. Kadang kala, kamu diwajibkan untuk mengganti komponen yang sudah uzur. Jika situasinya seperti ini, jangan pernah berpikir untuk menggunakan komponen atau suku cadang kw alias bukan genuine parts. Gunakan suku cadang asli yang telah disediakan dealer. Meski kadang suku cadang bekas juga banyak yang masih layak pakai, tapi menggunakan barang bekas sudah pasti mengandung resiko. Jika dana mencukupi, belilah yang baru dan asli.

mobil-canggih

6. Mobil-mobil keluaran sekarang sudah semakin canggih jika dibandingkan dengan mobil buatan 10 tahun lalu. Bahkan mobil-mobil perkotaan (baca: city car) juga sudah dijejali dengan fitur-fitur “pintar”. Kendati demikian, dengan segala kecanggihannya, hal ini juga berarti lebih rumit dalam hal perbaikan dan perawatan. Oleh karena itu, jika kamu menemukan ada yang tidak beres dengan besutanmu, jangan tunda dan langsung cek ke bengkel yang sudah berpengalaman. Tetap mengoperasikan mobil dalam keadaan “sakit” bukan hanya memperpendek umur kendaraan, tapi juga bisa menyebabkan kerusakan yang semakin parah, yang seharusnya bisa lebih mudah diperbaiki jika kamu tidak telat memperbaikinya dari awal. Ingat, masalah kecil bisa menjadi besar jika dibiarkan terus-menerus, dan ini juga berlaku pada kendaraanmu.

parkiran-mobil

7. Jika memungkinkan, hindari sengatan matahari langsung sewaktu parkir dalam jangka waktu lama. Usahakan parkir di tempat yang teduh. Sengatan matahari bisa memperburuk kondisi cat mobil dan panas yang disebabkan berpotensi merusak interior terutama pada bagian dasbor.

Jika kamu mengikuti langkah-langkah di atas, besar kemungkinan mobil yang kamu miliki mampu menemani kamu untuk jangka waktu yang lama. Jangan lupa, uang yang sudah kamu keluarkan untuk membeli mobil tidaklah sedikit. Oleh karena itu, sudah sewajarnya kamu menjaga dan merawatnya.

Leave a Reply