News & Events

Ada konsep mobil super yang cukup menarik juga untuk bisa diulas yaitu mobil Stratos. Mobil sport legendaris dari Italia tersebut akhirnya akan kembali dan melakukan debut resminya di acara Geneva Motor Show 2018 yang akan digelar pada bulan Maret yang akan datang.

Kabarnya mobil Stratos terbaru ini akan diproduksi oleh Manifattura Automobili Torino. Perusahaan tersebut merupakan prinsipal FIAT Chrysler yang hanya fokus dalam memproduksi mobil City Compact untuk pasar otomotif Italia.

Konsep mobil Stratos abad ke-21 ini pertama kali diperlihatkan dalam bentuk gambar pada tahun 2010. Mobil tersebut merupakan hasil karya perusahaan dengan nama New Stratos Gbr. Mobil tersebut dirancang berdasarkan sasis mobil Ferrari F430 Scuderia yang didesain oleh sebuah perusahaan desain ternama di Italia yaitu Pininfarina.

Tetapi kabarnya pabrikan mobil Ferrari terlihat seperti berhati-hati dalam memberi komponen dan kurang setuju dalam konsep mobil tersebut. Akhirnya, Pabrikan mobil super tersebut tidak mau menyumbang komponen mobil yang dibutuhkan oleh Stratos Gbr. Penolakan dari produsen mobil super tersebut tidak hanya pada bagian sasis saja, tetapi juga mesin V8 4,3 liter F430 yang dibutuhkan untuk membuat mobil Stratos ini. Penolakan ini diyakini karena Stratos Gbr melakukan peningkatan tenaga mesin hingga bisa menghasilkan tenaga 540 hp. Tenaga yang dihasilkan tersebut tentunya lebih tinggi dari mesin standar yang dibuat oleh Ferrari.

Seperti dilansir dari Slash Gear, Manifattura Automobili Torino (MAT) telah menantangani kesepakatan kerjasama dengan New Stratos Gbr untuk bisa memasukkan mobil Stratos ini kedalam jalur produksi. Tentunya mobil ini menggunakan desain dan juga teknologi yang sama dengan mobil mereka.

Untuk produksi awal, MAT hanya akan membuat 25 unit mobil saja. Pabrikan mobil tersebut juga mengklaim bahwa mobil Stratos adalah mobil super yang dapat diandalkan dalam aktivitas sehari-hari.

Menurut MAT, platform yang digunakan oleh mobil Stratos terbaru ini berpeluang untuk digunakan oleh pembalap GT dan juga versi Safari. Kabarnya mobil tersebut akan diproduksi dengan tenaga mesin 550 hp atau lebih. Tentunya MAT juga akan melengkapi mobil ini dengan suspensi khusus yang dapat disesuaikan dengan keseimbangan ideal menurut pengemudi. MAT juga mengklaim bahwa mobil tersebut akan memberikan pengalaman yang tak dapat diberikan oleh mobil super lainnya yaitu bisa digunakan dijalanan yang berkelok-kelok dan juga padat.

Sebagai informasi, mobil Stratos Stradale tahun 1975 pernah dijual kembali pada tahun 2013 dengan harga lebih dari USD$ 376.000. Dua tahun kemudian di London, mobil tersebut dijual dengan harga USD$ 430.000.

Scuto Laminating adalah Salon Mobil terbaik yang ada di Indonesia.

Leave a Reply