News & Events

Jika dilihat dari permasalahan yang sebelumnya telah terjadi yaitu tentang produsen mobil Ford yang melakukan recall bagi mobil produksinya yang disebabkan oleh airbag Takata yang tak berfungsi, kini ada masalah serupa di Malaysia. Sebelumnya, Ford diketahui sudah memanggil kembali ribuan mobilnya untuk melakukan perbaikan. Kali ini, Ada produsen mobil Nissan yang mengumumkan bahwa mereka akan melakukan recall pada mobil produksi mereka karena masalah yang sama. TCM ( Tan Chong Motors ) yang merupakan pengedar tunggal dan juga pemasang airbag di mobil Nissan untuk pasar Malaysia yang juga bekerjasama dengan TCEAS ( Tan Chong Ekspres Auto Service ), baru-baru telah mengumumkan perihal penarikan untuk mengganti komponen modul inflator pada airbag dibagian penumpang.

Seperti dilansir dari halaman The Star, Tan Chong Motors mengatakan bahwa sebanyak 98.216 unit mobil Nissan diperkirakan terkena masalah ini. Masalah cacat produksi yang menimpa perusahaan Takata Corp tentunya juga mempunyai dampak yang besar kepada perusahaan produsen otomotif diseluruh dunia. Sebab Takata termasuk dalam tiga perusahasan terbesar penyedia perangkat airbag yang terpasang pada merk mobil terkenal di dunia bersama dengan dua perusahaan airbag lainnya yaitu TRW Automotive Holding Corp dan Autoliv. Takata berbagi sekitar 75 persen market share perangkat airbag.

Dilansir dari halaman Motor1, belakangan ini banyak sekali kasus recall yang terjadi karena kantung udara yang tidak berfungsi secara sempurna bahkan bisa sampai meledak dan juga mengancam keselamatan penumpang. Dampaknya beberapa produsen otomotif juga mulai mengalihkan pesanan ke perusahaan lainnya seperti Daicel dan Autoliv. Hal ini tentu saja juga bisa berdampak kepada bisnis perusahaan yang mengsuplai airbag tersebut.

Perusahaan tersebut juga diketahui masih dalam pembicaraan dengan pemerintah Amerika Serikat tentang masalah puluhan juta airbag baru yang akan digunakan sebagai pengganti airbag yang lama. Menurut kabar, Takata juga diharuskan menarik sekitar 35 juta unit airbag yang ada di pasaran dan menggantinya dengan yang baru.

Selain Ford dan Nissan yang mengalami masalah airbag Takata, ada juga Toyota yang merecall mobil produksinya juga karena masalah yang sama. Pabrikan mobil dari Jepang tersebut juga diketahui sudah menarik kembali sekitar 600.000 unit mobilnya yang telah dipasarkan diseluruh dunia. Mobil yang terkena recall adalah mobil yang diproduksi sekitar tahun 2009 sampai dengan tahun 2013 dan terdiri dari beberapa model mobil seperti Corolla, Corolla Matrix, Yaris, dan Sienna. Selain itu ada mobil Scion xB, Lexus IS, ES dan GX serta IS-F.

Scuto Indonesia adalah sebuah tempat untuk mempercayakan eksterior mobil anda.

Leave a Reply