News & Events

Katanya, kalau kamu merawat mobil dengan benar, mobil tersebut tidak akan bermasalah. Kerusakan pada kendaraan hanya terjadi kepada orang-orang yang malas merawat mobilnya. Jika kamu bisa menjaga mobilmu dalam keadaan baik secara terus-menerus, maka mobil tersebut akan selalu siap menemanimu kemanapun kamu mau.

Di samping perawatan rutin seperti pergantian oli, aki, minyak-minyak, dan mengunjungi salon mobil langganan, masih ada beberapa hal penting yang harus kamu ingat:

bahan-bakar-mobil

Gunakan bahan bakar yang berkualitas. Harap diingat bahwa bahan bakar itu ibarat makanannya mobil – jika kamu memberikan “makanan” yang baik, maka performanya juga akan baik. Oleh karena itu, selalu gunakan bahan bakar yang sesuai dengan nilai rasio kompresi. Jangan lupa bahwa semakin tinggi nilai oktan, semakin lambat pula bensin terbakar dan lebih sulit menguap, yang artinya dapat mengurangi gejala ngelitik pada mesin.

kondisi-ban-mobil

Perhatikan kondisi ban. Lakukan pengecekan terhadap kondisi ban secara rutin seperti mengukur tekanan ban sebulan sekali. Ban dengan tekanan udara yang pas bisa memperpanjang umur pakai ban itu sendiri. Selain itu, ban dengan tekanan udara yang baik akan lebih menghemat bahan bakar dan membuat kerja mesin lebih stabil. Gantilah ban paling tidak setiap 2 atau 3 tahun sekali (tergantung pemakaian), dan jangan tunda hingga kondisi ban benar-benar parah.

filter-udara-mobil

Bersihkan filter udara atau saringan udara. Filter udara berfungsi mencegah partikel seperti debu dan kotoran masuk ke dalam mesin. Jika kamu tidak membersihkannya, maka filter udara tidak akan bekerja secara optimal menyaring udara kotor. Dengan begitu, partikel jahat pun berpotensi masuk ke dalam mesin dan menyebabkan kerusakan yang biaya perbaikannya sudah pasti tidak murah.

wiper-mobil

Ganti wiper secara berkala. Wiper bertugas menyingkirkan debu-debu atau air yang mengganggu pandangan. Alat inilah yang paling membantu sewaktu kamu mengemudi pada malam hari dalam kondisi cuaca buruk. Oleh karena itu, ada baiknya kamu rutin mengganti wiper dan jangan tunda hingga wiper mengeluarkan suara sewaktu digunakan. Lagian, wiper yang tidak layak pakai akan merusak kaca depan mobil dan meninggalkan baret. Dengan harga yang tidak seberapa, kami anjurkan kamu rutin mengganti wiper terutama sewaktu musim hujan tiba.

Meski kelihatan sepele, poin-poin di atas sangat penting untuk diperhatikan. Jika kamu ingin mobilmu awet, maka jangan tunda merawat mobilmu dari sekarang!

Leave a Reply