News & Events

Dua produsen otomotif terkenal dari Jepang yaitu Suzuki dan Toyota dikabarkan telah meneken atau menandatangani nota kesepahaman atau biasa disebut MoU (Memorandum of Understanding) yang berhubungan dengan kerjasama dalam pembuatan mobil listrik di India yang rencananya akan dimulai pada tahun 2020.

Seperti dilansir dari halaman Indianautosblog, Kesepahaman tersebut merupakan hasil diskusi dari kedua perusahaan besar tersebut. Dalam perjanjian kesepahaman tersebut, mereka menyatakan setuju tentang diseminasi teknologi elektrifikasi kendaraan di India yang akan dimulai pada tanggal 6 Februari di tahun ini.

Dari hasil kesepakatan tersebut, pabrikan mobil Suzuki akan memproduksi mobil EVs untuk pasar otomotif India dan juga memasok beberapa mobil listrik tersebut Toyota. Peran Toyota dalam kerjasama ini adalah hanya dalam memberikan dukungan teknis.

Kedua perusahaan ini juga berniat untuk bisa melakukan penilaian komprehensif mengenai dari sisi penerimaan serta penggunaan mobil EVs di negara India. Hal yang akan dimasukan dalam penilaian tersebut adalah hal-hal yang berhubungan tentang pembangunan stasiun pengisian, serta pengembangan sumber daya manusia yang mencakup pelatihan teknisi after service yang dipekerjakan di seluruh jaringan penjualan serta sistem perawatan yang tepat untuk mobil listrik.

Pabrik baterai Lithium-ion juga merupakan alasan bagi pabrikan mobil Suzuki membuka pabrik mobil listrik baru di Gujarat, India dalam memainkan peran utamanya dalam pasar otomotif India. Selain baterai Lithium-ion, komponen utama lainnya dan motor listrik juga akan diproduksi secara lokal untuk memproduksi mobil EVs di India.

Pengumuman tersebut telah dikeluarkan kurang lebih dari satu bulan setelah pabrikan mobil Suzuki melihat persiapan pabriknya di India. Secara khusus, perhatian lebih yang harus difokuskan oleh Suzuki dalam mengembangkan teknologi ini adalah pada sisi infrastruktur yang buruk di India serta biaya tinggi yang berhubungan dengan mobil listrik.

Sebelumnya, pabrikan mobil Toyota juga dikabarkan telah bekerjasama dengan Mazda untuk bisa mengembangkan mobil listrik. Penandatanganan MoU tersebut juga sudah dilakukan beberapa bulan yang lalu. Seperti dilansir dari KyodoNews, pabrikan mobil Suzuki juga dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk bisa bergabung dalam kerjasama yang dilakukan oleh kedua perusahaan tersebut.

Scuto Jakarta siap membantu anda dalam menjaga kilau cat mobil anda.

Leave a Reply