News & Events

CEO Tesla, Elon Musk memperlihatkan sebuah konsep mobil truck pickup yang menggunakan mesin listrik. Konsep mobil truk pick up ini diluncurkan karena sebelumnya Tesla telah sukses melakukan uji coba untuk mobil truk listrik terbarunya.

Seperti dilansir dari halaman TruckTrend, menurut Elon Musk, mobil ini merupakan truk pickup yang dapat membawa truk pickup Ford F150 dengan ukuran dua kali lebih besar dari truk pickup Ford Ranger. Tesla mengatakan bahwa salah satu fitur andalan mereka yang disematkan pada truk baru ini adalah fitur keamanan. Bagian kabin Tesla Semi ini dirancang mempunyai standar keselamatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan truk lainnya.

Tesla Semi tidak memerlukan pergesaran tuas atau kopling untuk akselerasi dan deselerasi yang mulus. Sementara pengereman responsif akan memulihkan 98% energi kinetiknya ke bagian baterai.

Tak seperti mobil truk lainnya, mobil Tesla Semi ini dirancang secara khusus di sekitar kursi pengemudi. Kabin mobil ini dilengkapi dengan bagian tangga untuk bisa masuk dan keluar. Bahkan ruangan tersebut terkesan cukup luas untuk secara leluasa berdiri di bagian kabin tersebut.

Pada bagian interior, mobil ini dilengkapi dengan dua layar touchscreen yang diposisikan secara simetris pada kedua sisi pengemudi untuk bisa memberikan akses mudah sopir ke navigasi. Selain itu, ada juga pemantauan blind spot dan pencatatan data elektronik. Konektivitas juga terintegrasi langsung dengan sistem manajemen perusahaan untuk bisa mendukung rute, jadwal dan juga pemantauan jarak jauh.

Truk diesel seharusnya dapat melakukan hal yang sama sehubungan dengan manajemen pengawasan perjalanan. Tetapi mobil konvensional membutuhkan beberapa perangkat pihak ketiga untuk bisa mendukung fungsi yang serupa. Mobil Tesla Semi ini diperkirakan akan mulai diproduksi pada tahun 2019.

Bukan hanya truk pickup otonom, Tesla juga dikabarkan telah masuk ke segmen perangkat handphone. Perusahaan mobil listrik ini baru saja meluncurkan powerbank atau alat penyimpan daya yang biasa digunakan sebagai aksesoris smartphone. Seperti dilansir dari halaman Digital Trends, Powerbank ini bisa digunakan oleh perangkat berbasis Android atau iOS.

Pengisi daya milik pabrikan mobil listrik Tesla ini dilengkapi dengan satu sel baterai yang nantinya juga dipakai di model X dan S. Akan tetapi untuk mobil, pabrikan mobil Tesla tentunya memakai lebih dari satu sel untuk bisa mendukung performanya.

Dari sisi spesifikasi, alat penyimpan daya ini tidak berbeda jauh dengan produk lain kebanyakan. Sayangnya, Tesla tidak menjelaskan secara detail berapa perangkat handphone yang bisa diisi penuh oleh powerbank ini.

Scuto Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Laminating Mobil.

Leave a Reply